Selasa, 03 Mei 2016

Pra-seleksi AFS/YES 2017-2018

Okey, guyss..!! Here i am (again). Without no further ado. Ceritanya gue masih otw ke Palembang untuk mengikuti seleksi tahap 1 pertukaran pelajar AFS/YES yang diadain di Bina Antarbudaya. Nah karena gue tinggal di Lampung, yang paling deket Chapter Palembang. Jadi gue tes di sana.



Jauh-jauh hari sebelum tes, gue udah dihadapkan dengan berbagai macam berkas dan formulir yang harus gue isi secepat-cepatnya. Formulir itu isinya kira-kira
Spoiler :
Data diri berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, data keluarga, goldar
Data akademik seperti nilai rapor dari SD sampek SMA semester 1
Data prestasi seni, olahraga, maupun akademik
Data organisasi
Deskripsi kepribadian
Beragam kesediaan
Di luar itu kita juga diwajibkan mengumpulkan berkas yang banyaknya ga ketulungan. SKHU SMP, Rapor SMA semester 1, Ijazah, Kartu keluarga, dan parahya semua harus dilegalisir! Dah jadinya gue dengan segalamacem keribetannya bolak-balik sana sini buat ngelegalisir semua itu T_T Semua ini gue lakuin demi AFS/YES!

Jadi sebelumnya gue jelasin dulu apa ini AFS / YES.Pasti pada penasaran kan? Jadi AFS/YES  ini kayak semacam program pertukaran pelajar gitu. Loh terus apa bedanya? Jadi gini; AFS ini kayak program pertukaran yang meliputi tiga tahap seleksi. Tahap pertama itu tahap seleksi serba tulis menulis; tes bahasa inggris, tes pengetahuan umum, dan tes esai Bahasa Indonesia. Katanya sih, bobot tes bahasa indonesia ini yang paling tinggi. Nah kalo bahasa inggris ini mirip lah kaya tes TOEFL yang tentang sinonim, antonim, pokoknya perbanyak vocab aja. Lastly, pngetahuan umum. Gausah terlalu dipikirin sih kalo kataku. Cuma nyicil! Serius nyicil ngapalin isi RPUL, banyak2 nonton berita terkini yang lagi heboh gitu. Jangan kaya gue yang males dan teledor. Udah ngeprint kertas banyak2 ujungnya ga kebaca karena gue sepelein.

Next, akhirnya hari keberangkatan pun tiba. Gue izin dari sekolah. Nah gue berangkat bareng2 dari tempat les jam 9. Pas gue dateng... gilak tau ga. Di jadwal jam 8.30. Mana gue ga ngecek dulu. Soalnya missnya dari awal bilang berangkat jam 9. Aduh teledor gue. Sumpah gaenak. Dah ya, singkat crita gue otw Palembang deh...

To be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang bijak :)