Kamis, 15 November 2018

Pengalaman Saya Mengikuti Asia Youth International Model United Nations 2018 di Bangkok, Thailand


Hi, There! Jadi ceritanya, saya baru pulang dari konferensi AYIMUN di Bangkok sekitar lebih dari seminggu yang lalu, 3-6 November 2018 di Prince Palace Hotel, Thailand. Pasti penasaran kan, AYIMUN itu apa, cara daftarnya gimana, dan kegiatannya apa aja.

Langsung saja, AYIMUN itu merupakan kepanjangan dari Asia Youth International Model United Nations. Singkatnya, sejenis MUN (Simulasi sidang PBB) tingkat Internasional yang ditujukan khususnya bagi pemuda-pemuda Asia. Eitss, walaupun “Asia” tapi pesertanya dari berbagai belahan dunia, lho! Ada yang dari Amerika, Eropa, bahkan Afrika. Jadi, AYIMUN itu sejenis konferensi yang mensimulasikan sidang PBB yang sesungguhnya. Jadi, kita dialokasikan dalam council/dewan yang terdiri atas berbagai bidang WHO (Kesehatan), UNESCO (Pendidikan & Sains), IMO (Maritim), IMF (Keuangan), UNWTO (Pariwisata), ILO (Buruh), FAO (Pertanian/Makanan), LC (Hukum), dan CC (Krisis).

Jadi, di AYIMUN kita diberikan kesempatan untuk mewakili negara-negara. Kita bertindak layaknya diplomat negara tersebut dalam menyuarakan kepentingan/interest negara yang kita wakili di bidang/council di mana kita ditempatkan. Keren ga sih? Saya sendiri mewakili negara Azerbaijan di UNESCO yang merupakan council terbesar dengan 202 negara (170-an hadir).




Untuk pendaftarannya sendiri, AYIMUN terbilang mudah. Cukup mengisi form pendaftaran di https://modelunitednation.org/ kemudian menunggu sekitar beberapa hari saja sudah mendapat balasan apakah kita diterima menjadi delegates kemudian tinggal menyelesaikan pembayaran dan kita akan mendapatkan negara dan council yang kita inginkan. Sebelum mengisi form pendaftaran, usahakan kita sudah mengenal MUN itu apa dulu. Lakukanlah riset kecil tentang apa itu MUN dan mengapa kamu tertarik. Lalu relate/hubungkan jawaban dengan diri kamu, “For me, Model United Nations, is a platform for youth to foray in fields they working on; to cooperate and unite ideas to solve international issues,” Jangan memberikan jawaban yang definisional, apalagi menyontek Wikipedia.

Sekitar dua minggu sebelum MUN, biasanya kita akan diperintahkan untuk membuat Position paper. Position paper merupakan tulisan sepanjang 1-2 halaman yang menjelaskan posisi negara kita terhadap suatu permasalahan. Di position paper terdapat pengutaraan masalah, tindakan yang sudah diambil negara terkait, dan solusi yang diajukan berdasarkan pandangan negara yang kita wakili. Position paper ini sangat penting untuk menentukan posisi kita dalam isu dan mempermudah kita dalam menyusun strategi nantinya.

Di AYIMUN sendiri, pada hari pertama kegiatan dimulai dengan Grand Symposium di mana pematerinya adalah Pak Dino Patti Djalal, founder dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) yang di anak HI sangat-sangat terkenal. Kemudian ada pula dua orang dosen dari universitas ternama di Thailand. Simposium ini sangat insightful dan sangat berguna untuk membuka pikiran kita mengenai isu-isu yang terjadi di dunia ini seperti: bipolarisme politik, isu lingkungan, kesetaran gender, artificial intelligence, dan lain sebagainya. Selanjutkan juga ada MUN 101 di mana dijelaskan secara singkat mengenai tata cara MUN. Jadi, bagi teman-teman yang baru pertama kali mengikuti kegiatan semacam ini, tidak usah takut! Karena panitia dengan sangat sabar akan menjelaskan MUN dari nol.

Pada hari kedua, MUN dimulai dengan 4-5 sesi. Model United Nations terdiri dimulai dari General Speakers List di mana beberapa negara mengajukan diri untuk membicarakan stance/isu yang mereka anggap penting yang secara umum merepresentasikan interest dari negara tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan Moderated Caucus di mana delegasi mengajukan motion/mosi untuk dibahas bersama. Unmoderated Caucus merupakan sesi selanjutnya di mana delegasi berdiskusi dan membentuk blok sesuai dengan stance/pendirian dan interest/kepentingan negara secara kolektif. Selanjutnya di unmoderatec caucus, juga dibahas mengenai working paper di mana delegasi menyatukan ide dan mencari solusi dari permasalahan yang ada. Working paper ini menjadi dasar dari draft resolution di mana delegasi menyatukan ide dalam bentuk yang lebih formal, mirip dengan resolusi yang biasa dikeluarkan PBB.



Pada hari ketiga, merupakan ekskursi ke berbagai destinasi di Thailand. Destinasi pertama yang dikunjungi adalah Erawan Temple yang khas dengan patung tiga gajah. Destinasi kedua adalah Marble temple dan destinasi ketiga adalah Mount Golden dengan kuil yang dapat dicapai dengan anak tangga setinggi 80 meter. Selain itu, saya juga berkesempatan untuk mengunjungi Khaosan yaitu jalan di Thailand di mana banyak terdapat kios kuliner, café, dan bar.






Bila dirangkum, AYIMUN merupakan pengalaman MUN yang sangat friendly/ramah dan manis bagi saya. Karena AYIMUN, saya menjadi lebih tertarik untuk mengikuti MUN lagi ke depannya. Di AYIMUN sendiri ada enam awards: Delegasi terbaik, most outstanding delegate, honorable mention, verbal commendation, dan position paper terbaik. Walaupun dalam kesempatan ini saya belum berhasil mendapatkan penghargaan apa-apa, saya merasakan pengalaman yang sangat berharga. Saya sempat sakit dan kehilangan suara total tepat di hari saya berangkat ke Thailand. Saya belajar untuk berusaha melakukan yang terbaik apapun yang terjadi dan tidak usah overthinking, lakukan saja.


See you when I see you Bangkok!

Cerita pribadi: Saya mengalami cukup banyak musibah sebelum berangkat ke Bangkok. Mulai dari suara habis total tepat di hari berangkat ke Bangkok, ATM saya tertelan sehari sebelum berangkat, tertinggal pesawat, berobat yang cukup memakan biaya banyak, dan hampir kehilangan paspor dan tiket di pesawat. Dari pengalaman tersebut saya belajar untuk mendewasakan diri dan berorientasi pada solusi setiap kali menemui masalah. Tentunya juga, mengurangi sikap ceroboh ini karena ujung-ujungnya menyusahkan diri sendiri.

Selama empat hari saya berada di Thailand, tidak banyak bedanya dengan Indonesia. Terkadang saya menemui wanita berjilbab berlalu lalang, sungai yang airnya keruh, dan kemacetan yang menjadi ciri khas negara Asia Tenggara. Satu hal yang pertama saya notice adalah bau aneh yang tidak biasa saya cium dari pembakaran daging yang tidak dijual secara umum di Indonesia. Di Thailand dijual daging babi dan serangga secara bebas - pemandangan yang tidak biasa ditemukan di Indonesia. Di Thailand, cuacanya menjadi dua kali lipat lebih panas dibanding Yogyakarta, padahal bagi sebagaian orang panas siang Yogyakarta bagai neraka bocor. Minimarket 7-11 (Seven Eleven) ada di mana-mana dan saya sangat tergantung hingga saat saya pulang ke Yogyakarta, saya merasakan minimarket di Yogyakarta tidak semenarik dan selengkap 7-11 di Thailand.

Untuk pariwisata di Thailand, ternyata tidak sebagus apa yang dilihat dan dipromosikan. Bila saya simpulkan, pemerintahnya cukup jago mem-framing tempat wisata di Thailand bagai surga yang wajib dikunjungi wisatawan. Tapi satu hal yang membedakan, di Thailand, mereka sangat 'mengurus' tempat wisata mereka. Jadi, tempat wisata memang sangat bersih dan sangat ramah untuk wisatawan asing. Mereka benar-benar menyediakan fasilitas yang diinginkan wisatawan asing seperti pasar yang menjual jajanan Thailand, tempat nongkrong, free charging site, bar, restoran yang tidak dapat ditemui semudah itu di Indonesia. Saya sendiri sering membayangkan menjadi wisatawan asing yang bingung bila berkunjung ke Indonesia.

Orang Thailand hampir sama dengan orang Indonesia. Sangat ramah! Kebanyakan dari mereka tidak dapat berbahasa Inggris, tapi mereka sangat berusaha untuk bisa berkomunikasi dengan wisatawan asing. Hal ini yang menjadikan saya sangat betah berlama-lama di Thailand. Dalam berbelanja dan berwisata, saya dilayani dengan sangat baik dan ramah oleh masyarakatnya. Oiya, orang Thailand sangat menghormati rajanya, jadi kita akan banyak melihat foto raja di mana-mana lengkap dengan altar pemujaan dan biksu yang berlalu-lalang.

53 komentar:

  1. halo aku mau nanya dong soal ayimun. kalo misalnya kemampuan speaking kita kurang bagus gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru di AYIMUN itu public speaking kita diasah. Jangan khawatir, banyak juga first timer kaya kita jadi ga bakal ngerasa minder, malahan terpacu buat semakin belajar. Semangat!!!

      Hapus
  2. Nice information!
    Any tips on writing motivational letter for AYIMUN?
    Thank you!

    BalasHapus
    Balasan
    1. My tips for motivational letter:
      1. Write down what does AYIMUN means for you
      2. Why joining AYIMUN is important; your motivation of joining (this should be the main point)
      3. You can write your experiences to tell that you are an eligible candidate for the MUN, however, not too much

      + You dont really need to stress over the motivational letter, as long as you have the good deeds, believe it, you will be accepted!

      Hapus
  3. Aku keterima ayimun 2019, bisa nanya2 dikit ga tentang ayimun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih, apa semua yang daftar di AYIMUN itu otmatis langsung diterima ya ?

      Hapus
    2. Aku juga, ngga tau apa semua diterima gt ya?

      Hapus
    3. Boleh tw gak untuk batasaan umur mengikiti ayimun itu brp? Dan klo blm jd mahasiswa bsa ikut?

      Hapus
    4. Aku semalam baru ngetes, besoknya cek di gmail lulus tesnya

      Hapus
  4. Kak mau tanya, untuk seleksinya sendiri itu gimana ya? Apakah harus bikin esai tentang preference yg mau kuta delegasi atau gimana?

    BalasHapus
  5. Aku keterima ayimun 2019, boleh minta kontakmu ga buat nanya2? Soalnya aku bingung banget mau ambil atau ngga

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. aku boleh gabung grup WA gak Yang keterima ayimun

    BalasHapus
  8. Kak,aku mau nanya kalau sudah 1 hari belum dapat email bahwa aku tjadi orang yang terpilih.Apakah itu menandakan aku ga lulus seleksi?

    BalasHapus
  9. Kak itu bayarnya berapa ya?

    BalasHapus
  10. Ada yg keterima kah? Yg disini? Sama dong, aku tapi bingung

    BalasHapus
  11. Kak boleh minta kontaknya ngga (IG/FB)? Untuk nanya2 tentang AYIMUN

    BalasHapus
  12. Kak boleh minta kontaknya ngga (IG/FB)? Untuk nanya2 tentang AYIMUN

    BalasHapus
  13. Sama, aku juga keterima nih, tapi malah bingung mau buat preference yg 2 halaman itu

    BalasHapus
  14. apakah ditanggung negara? atau sudah difasilitasi oleh pihak munnya sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu udah lolos seleksi AYIMUN 2020?

      Hapus
    2. Ada yg punya grup WA / LINE bagai yg lolos AYIMUN 2020?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  15. kak izin minta kontaknya dong pengen nanya2 heheheh

    BalasHapus
  16. Hai kak boleh tau brp total pengeluaran selama ikut program MUN?

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum kak mau tanya biasaya kalau ikut aimun pake biaya pribadi ngga' atau fully fended dari aimun itu sendiri .

    BalasHapus
  18. ka mau nanya,ikut ini itu harus bisa bahasa inggris ya?

    BalasHapus
  19. halo kak, aku lolos AYIMUN Bali 2022 tapi terkendala biaya. apa ada saran kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biayanya brpa? aku baru mau daftar

      Hapus
    2. Kalo boleh tau, biayanya berapa ya ka?

      Hapus
    3. Hai. Aku bantu jawab ya. Karena kebetulan aku keterima di ayimun 2022 dan udah jd fixed delegate. Kamu bisa ajukan proposal ke sekolah/kampus terkait pendanaan. Atau bisa jg kirim proposal ke berbagai perusahaan atau lembaga yg memang menyediakan dana CSR utk pendidikan. Semoga membantu ya😊

      Hapus
  20. aku mau daftar, tp kira" bayarnya brpya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Hai. Aku bantu jawab ya. Aku salah satu delegasi resmi dari AYIMUN 2022. Kamu bisa kepoin instagram resmi dari AYIMUN @internationalmun. Atau kalo mau tanya2 ke aku jg bisa. Feel free to ask lewat email aku ya (rizkyamalia4499@gmail.com)😊

      Hapus
  21. Maaf aku mau nanya, kan udah daftar dan lakukan pembayaran. Setelah itu ada seleksi lagi apa tidak ya? Atau hanya perlu menunggu info untuk tahap selanjutnya? Yang artinya pendaftar yang sudah membayar sudah menjadi peserta AYIMUN, atau masih ada kemungkinann untuk dikeluarkan? Terima kasih banyak sebelumnya����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Bantu jawab ya. Kalau sdh bayar, maka kamu sdh menjadi delegasi resmi dan nantinya akan dapat penempatan konsil dan negara. Sehingga tidak akan dikeluarkan. Kamu cukup tunggu informasi lanjutan🤗

      Hapus
  22. untuk tiket pesawat apa udah disediakan sama panitia ya kak? btw aku AYIMUN 2022 di Bali besok

    BalasHapus
  23. Halo. Tiket pesawat gak disediakan sama panitia. Jadi siapkan secara mandiri ya. Btw, kamu dari council apa?

    BalasHapus
  24. Apakah ada batasan umur utk ikut ayimun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batasnya sampai 25 tahun. Tp kalo 25 tahun lebih dikit masih bisa masuk kok

      Hapus
  25. Kak, boleh spill total pengeluaran kaka selama 3-4 hari disana?

    BalasHapus

Berkomentarlah yang bijak :)