Kamis, 05 Mei 2016

Seleksi Tahap 1 Pertukaran Pelajar AFS/YES 2017-2018

¡Hola, Amigos!
¡Buenas Noches!

I'm back again! I have something to tell. Alot actually. But firstly, dunno where to begin. Okey, instance, i join the AFS/YES exchange student test held in Palembang, May 1st in SMA Plus 17 Palembang.

Sekolah yang menurut gue lebih mirip taman safari ketimbang sekolah. Luasnya coy, ada petunjuk jalan udah kaya destinasi wisata hehe. Singkatnya, gue dari Metro bareng Dina, Bima, Vallen, Yusuf, dan Keke. Sampe di sana kita ketemu Rarai, sobat gue dari LCSPN (Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional). For you who haven't know, she is the first placer of poetry-making competition! Hands down!

Jadi setelah dua belas jam perjalanan yang melelahkan dan semalam istirahat yang tidak seberapa di hotel, kita akhirnya menghadapi serangkaian tes pertukaran pelajar AFS/YES yang mendebarkan. Pada awalnya, kita disambut oleh bapak-bapak, gue lupa sapa namanya. Yang jelas dia menekankan bahwa kita yang di sini sudah juara karena sesungguhnya berkas kita telah terseleksi secara otomatis. Dan beliau mengatakan bahwa chapter Palembang adalah chapter pertama yang menerapkan pengkoreksian tes dengan LJK! How Wicked!

Singkatnya tes tahap 1 dimulai. Gue satu ruangan sama Yusuf, Dina, dan Vallen. Entah kok bisa ya haha. Itu semua karena kita deketan submit berkasnya jadi dapet nomornya deketan. Dan kemarin diurutin berdasarkan nomor duduknya. Jadi, kalo mau submit berkas, bareng-bareng temen kalian ya hehe. Tepat di belakang gue, ada cewe anak SMA 9 Palembang. Keliatannya manis dan pinter. Baik pula hehe. Okay, forget it! :" Where was i?

Jadi Tes 1 itu tes tersulit menurut gue. Satu-satunya tes yang begitu merepotkan. Kudu baca koran sana-sini, RPUL, nonton berita, segala macemlah. Gue dibagiin juga tuh soal, dan you know what's in my mind, "Hmmm... quite easy!" Gue tau semua soal untungnya. SEKADAR TAHU atau pernah denger. Gak ada yang bener-bener asing, yang kaya gue belum pernah jawab. Buat yang penasaran gimana bentuk soalnya, kindly click

TIPE SOAL AFS/YES 2017-2018

and you know what? gue banyak yang salah ternyata :/ sudahlah, gue terlalu meremehkan. Soalnya emang gampang sih. Pilihannya bener-bener menjebak dan membunuh! Beruntunglah kalian yang senang membaca koran. Tapi baca pun not enough, kalian harus teliti. Serius deh! Tiap soal itu kalian diporsis mengerjakannya dengan waktu 1,2 menit. Bayangin! Entah gue koreksi yang gue inget aja udah salah 12an. Jadi format soalnya itu begini 1-80 soal pilgan biasa, kita menentukan yang mana yang paling benar. Nah 81-100 itu formatnya seperti ini :

81. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai Perjanjian Giyanti
(1) Ditandatangani pada 13 Januari 1755
(2) Secara de facto, mengakhiri kekuasaan Kerajaan Mataram
(3) Membagi Kerajaan Mataram menjadi dua wilayah kekuasaan
(4) VOC tidak berhak menentukan siapa penguasa dua kerajaan

Nah kita disuruh milih begini,
A apabila pernyataan 1,2,3 benar
B apabila 1,3 benar
C apabila 2,4 benar
D apabila 1,2,3,4 benar

Nih gue kasi tips, kalian gak harus tau semua pernyataan itu bener apa enggak! Kalian cukup cek pernyataan 1-3. Kalo pernyataan 1 pasti salah, jawabannya pasti C karena cuma pilihan C yang ga mencakup pernyataan 1. Kalo pernyataan 2 salah, jawabannya pasti B dan kalo pernyataan 3 salah, jawabannya pasti C. Sulitnya, kalo kalian baru tau kalo pernyataan 4 salah, karena ada dua kemungkinan, kalo gak A ya B. Dan sialnya, pernyataan 4 biasanya yang paling gampang ditebak kebenarannya. T____T

Instance, gue nyesel se nyeselnya. Dah ilang sudah keyakinan w di PU. Pokoknya harus bagus di tes selanjutnya. HARUS! Jadi, selanjutnya ini tes pengetahuan Bahasa Inggris. Serius, deh tes ini paling gampang (tidak bermaksud meremehkan). Jangan sampai salah lebih dari 5 karena soal-soalnya sangat berkaitan dengan TOEFL dan IELTS. Thanks to Bright English School for the TOEFL class! Walaupun akhirnya gue ada yang salah sikit-sikit, hehe...

Yang mau soalnya, udah sekalian gue sebar di link tadi. Sumpah deh, gausah belajar ini mah. Banyakin baca artikel bahasa inggris sekalian cari artinya. Siap sedia Google Translate kalo lagi nonton. Jangan males! mulai dari sekarang!

Dan lastly, break for an hour. Gue gasempet shalat *astaga*. Waktunya singkat reneb woi. Benerlah, tiba-tiba udah essai gitu aja. Essai dibagi tiga soalan gitu. Dan setelah soal dibagiin gue nungguin kertas burem. SERIUS ITU KERTAS BUREM GAADA?! DEMI APA!!! Kaget gue pas pengawasnya bilang kalo kertas buremnya gak ada. Astaga... Dan akhirnya kita make kertas sisa lembar essai dan pas gue maju... "kertasnya udah abis" Oh F*CK! :"

Kebiasaan buruk gue saat nulis essai muncul, bengong dan terlalu rapih. Saking rapihnya, gue keleletan. Gitu sih sampe hampir ga keburu essai gue. Karena gue terlena samping gue semuanya lebih dikit. Nah, sisa waktu 5 menit gue ngebut nulis essai. Sumpeh, hampir ga keburu demiapapun. Udahlah kesel gue. Kumpul-kumpul aja. Ga peduli mau kekmana juga hasilnya.

Kesimpulan : ARGHHHH! Kesel, sebel. Bisa lebih maksimal lagi padahal. Walaupun gue lolos peringkat pertama sekalipun gue gapuas. Karena gue ga melakukan yang terbaik. Ughhh! Buat yang lagi baca dan have plan to do AFS somehow in the future baca tips-tips gue ya :

TIPS SELEKSI 1 AFS/YES 2017-2018

Jangan ampe nyesel kaya gue sekarang. Akhirnya jam 2 kita pulang ke Lampung, Metro lebih tepatnya. Kota kecil di jantung provinsi Lampung dengan penyesalan yang gue seret sepanjang jalan kenangan. Berharap bisa kembali lagi ke Kota Air, Kota Musi, Palembang. Dengan kabar baik. Doakan gue ya!

Adios, Amigos!

2 komentar:

  1. Perkenalkan nama gue Ahmad Fadillah aku juga baru saja ikut seleksi bina antarbudaya 2017 2018 chapter banjarmasin .GOOD LUCK semoga kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenalin gue Tama. Gimana kemarin tes tahap 1 nya? Gue panggil Ahmad apa Fadil nih? Hhe

      Hapus

Berkomentarlah yang bijak :)